Layout Image

Sejarah

 

Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pasundan Cimahi adalah suatu lembaga pendidikan yang bertujuan untuk membina mahasiswa menjadi guru yang profesional dan tenaga kerja kependidikan lainnya. Pendirian Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Pasundan merupakan perwujudan dari cita-cita Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan dalam rangka membantu pemerintah di bidang pendidikan. Pada saat ini Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan memiliki 4 (empat) lembaga Pendidikan Tinggi yaitu : Universitas Pasundan (UNPAS), Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pasundan, Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Pasundan Cimahi dan Sekolah Tinggi Hukum (STH) Pasundan di Sukabumi.

Sejarah berdirinya STKIP Pasundan Cimahi dirintis melalui pertemuan antara pengurus besar Paguyuban Pasundan, Pengurus Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan dan Koordinator Kopertis Wilayah IV Jawa Barat, pada tanggal 25 Januari 1986. Tindak lanjut dari hasil pertemuan tersebut maka  pengurus Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan dengan Surat Keputusan No. K/17/SK/YDPP/II/86, tertanggal 16 Februari 1986 mengangkat Panitia Persiapan STKIP Pasundan, kemudian pada tanggal 12 Juli 1986 melalui Surat Keputusan Ketua Yayasan Pendidikan Tinggi Pasundan Nomor: 69/SK/YDP/VI/1986 STKIP Pasundan Cimahi resmi didirikan, dengan susunan pengurus yaitu: Drs. Ateng Sopala (Ketua), Dr. Maman Abdurachman (Pembantu Ketua I), Drs. Nana Gunawan (Pembantu Ketua II), dan Drs. H.M. Odon Kardana (Pembantu Ketua III).

Kehadiran lembaga pendidikan tinggi ini mendapat sambutan positif dari segenap lapisan masyarakat dan merupakan jawaban yang tepat untuk pemenuhan kebutuhan guru profesional dan tenaga kependidikan lainnya. Dalam waktu relatif singkat, lembaga ini berkembang pesat. Pada awal berdirinya lembaga ini memiliki tiga buah program studi yaitu PMPKN, Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (sekarang PJKR). Berdasarkan keputusan BAN Perguruan Tinggi, Nomor: 006/BAN-PT/Ak-IV/V/2000, Tanggal 29 Mei 2000 Program Studi PMPKn terakreditasi dengan Peringkat B, dan Pendidikan Olahraga/PJKR mendapatkan Peringkat B. Sedangkan Nomor; 012/BAN-PT/Ak-IV/VI/2000, Tanggal 23 Juni 2000 Pendidikan Bahasa Inggris mendapatkan Peringkat B.

Pada tahun 2005, STKIP Pasundan mendapatkan akreditasi dari BAN untuk ketiga program studi yaitu: SK BAN Nomor: 007/BAN-PT/Ak-IX/S1/VI/2005, Tanggal 8 Juni 2005 Program Studi PJKR Terakreditasi dengan Peringkat B, SK BAN Nomor:  008/BAN-PT/Ak-IX/S1/VI/2005, Tanggal 23 Juni 2005 Pendidikan Bahasa Inggris mendapatkan Peringkat B. dan SK  BAN Nomor: 014/BAN-PT/Ak-IX/S1/VI/2005, Tanggal  4 Agustus  2005 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan mendapatkan Peringkat B.

Kebutuhan akan tenaga guru semakin mendesak dan tumbuhnya hasrat untuk meningkatkan dan memeratakan kemampuan para guru telah mendorong STKIP Pasundan Cimahi pada tahun 2007 untuk membuka program studi baru yaitu: Program Magister (S2) Pendidikan IPS, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), dan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Hal tersebut sangat membantu bagi para guru , baik yang sudah memiliki D-II maupun D-III yang ingin meneruskan pendidikannya  ke jenjang  S1 maupun S2, terutama yang berada di Wilayah Kota Cimahi, Kota Bandung, Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat dengan memanfaatkan keberadaan STKIP Pasundan Cimahi terlebih setelah berlakunya Undang-Undang No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen .

Penataan struktur organisasi STKIP Pasundan telah sepenuhnya dilaksanakan sesuai dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 tahun 1999. Sesuai dengan struktur baru, dewasa ini STKIP  Pasundan Cimahi memiliki tiga buah jurusan/program studi, yaitu Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), Pendidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Jasmani Kesehatan Rekreasi (PJKR). Di samping jurusan tersebut di atas, STKIP Pasundan mempunyai enam buah Unit Pelaksana Teknis (UPT), yaitu: UPT Penelitian,  UPT Pengabdian Pada Masyarakat (PPM), UPT  Program Pengalaman Lapangan (PPL) dan Microteachhing,  UPT Perpustakaan, UPT Laboratorium Bahasa dan UPT Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi.

Demikianlah riwayat singkat STKIP Pasundan Cimahi yang selama ini telah menunjukan perkembangan yang pesat baik dibidang sarana dan prasarana maupun dibidang akademik sehingga dapat mewujudkan ciri khasnya dalam rangka pengembangan profesi guru dan tenaga kependidikan lainnya.